Senin, 23 April 2012


Nama : Helanda Marta Atmajaya
NIM : 01209032

1- Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir , pengembangan dan konseling karir , serta    pengambilan  keputusan karir.
- Jalur karir adalah pola urutan pekerjaan ( Pattern of Work Sequence) yang selalu     bersifat formal dan ditentukan oleh organisasi ( bukan oleh ) pegawai.
- Konseling karir adalah proses mengidentifikasi masalah - masalah yang berhubungan  dengan karir seorang pegawai serta mencari alternatif jalan keluar dari berbagai  masalah tersebut.

2. Secara luas manajemen karir meliputi seluruh kegiatan yang berkenaan dengan  pekerjaan pegawai. Kegiatan ini 
 dari proses penarikan pegawai, penempatan pegawai, pengembangan pegawai dan berakhir pada pemberhentian pegawai. 

3. Perencanaan karir di tingkat organisasi 
dilakukan dengan tujuan untuk mengadakan 
atau mengidentifikasi hal-hal berikut : 
a. Profil kebutuhan pegawai 
b. Deskripsi jabatan/pekerjaan 
c. Peta jalur karir 
d. Mekanisme penilaian kinerja pegawai
Perencanaan Karir
Individual Pegawai
n Bagi pegawai, perencanaan karir ditingkat organisasi 
tidak akan dianggap penting bila tidak ada sangkut 
pautnya dengan karir sipegawai tersebut. Karena itu, 
perencenaan karir ditingkat organisasi harus bisa “ 
diterjemahkan” menjadi perencanaan karir ditingkat 
individu pegawai.
n Telah dijelaskan bahwa perjalanan karir seorang 
pegawai dimulai sejak dia masuk kesebuah organisasi, 
dan berakhir ketika ia berhenti bekerja diorganisasi itu. 
Dan hal ini berlaku bagi siapapun yang bekerja 
diorganisasi tersebut, dari pegawai ditingkat yang 
paling rendah sampai ke tingkat pimpinan yang paling 
tinggi. 

4. Dialog, Bimbingan, Keterlibatan individual, umpan balik, mekanisme perencanaan karir.

5. Hubungan pegawai dan organisasi, personalitas pegawai, faktor- faktor eksternal, politicking dalam organisasi, system penghargaan , jumlah pegawai, ukuran organisasi, kultur organisasi, tipe manajemen.

6. 1)Komunkasi misi, kebijakan dan prosedur. 2) Berikan peluang pelatihan dan pengembangan. 3) Berikan informasi karir dan program karir. 4) Tawarkan satu keanekaragaman pilihan karir.

7. Menurut saya setelah mengikuti perkuliahan ini saya mempunyai rencana karir ke depan yang tertata rapi sehingga saya sangat termotivasi untuk mencapai semua rencana - rencana karir saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar